EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

TRI, HARIYANI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
Skripsi_Tri Hariyani_ABSTRAK.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF (Skripsi Penuh (Tanpa Lampiran))
Skripsi_Tri Hariyani_TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2126Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Skripsi tanpa BAB Pembahasan dan Lampiran)
Skripsi_Tri Hariyani_TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2069Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ma’arif Natar semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 131 siswa yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIII-B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C dengan jumlah siswa 25 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t’ (perbedaan rata-rata) diperoleh bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih dari 60%. Dengan demikian, model PBL efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2506427011 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:59
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir