PENGARUH MEDIA PAPAN EDUKASI GEOMETRI TERHADAP KONSEP MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWI TUNGGAL

BEFRI, RAHIKMAH (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN EDUKASI GEOMETRI TERHADAP KONSEP MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWI TUNGGAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (899Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.1.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN..pdf

Download (2045Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media papan edukasi geometri terhadap konsep mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Dwi Tunggal. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini sebagai bagian dari perkembangan kognitif mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Sampel penelitian terdiri dari 33 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media papan edukasi geometri dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman anak sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman anak terhadap bentuk geometri setelah menggunakan media papan edukasi. Rata-rata skor pretest adalah 48,76, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 80,35. Uji hipotesis menggunakan paired samples t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media papan edukasi geometri berpengaruh positif terhadap kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pendidikan anak usia dini.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2506986427 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:14
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89543

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir