Dini Wahyuni, 0853024008 (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HAMA DAN PENYAKIT PADA TUMBUHAN (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Gisting T.P 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (402Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (567Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gisting, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui pemafaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik mengunakan uji-t dan uji Mann-Whitney U. Data kualitatif berupa tanggapan iii siswa terhadap pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebesar 66,67 % dengan kategori sedang. Hasil setiap indikator mengalami peningkatan yaitu pada C1 untuk kelas eksperimen sebesar 7,00. Pada C2 untuk kelas ekperimen sebesar 6,09. Pada C4 kelas eksperimen sebesar 8,86. Hal ini berarti bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran siswa berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pokok hama dan penyakit pada tumbuhan di SMP Muhammadiyah 1 Gisting. Kata kunci : Lingkungan sumber pembelajaran , aktivitas belajar, hasil belajar, hama, dan penyakit tumbuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 9047965 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Apr 2015 07:18 |
Terakhir diubah: | 24 Apr 2015 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8965 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |