PENGARUH ERA DIGITAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 GADINGREJO

Maylania , Herlis Sagefi (2025) PENGARUH ERA DIGITAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2997Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2597Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan minat belajar sebagai kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan di era teknologi yang terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh era digital dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa melalui platform pembelajaran digital pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gadingrejo. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur (path analysis). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi, lalu dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak terdapat pengaruh langsung maupun tidak langsung yang signifikan dari era digital, lingkungan belajar, dan platform pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa. Hanya lingkungan belajar yang berpengaruh langsung terhadap platform digital. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi belum cukup mendorong minat belajar tanpa dukungan faktor lain. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tidak serta merta meningkatkan minat belajar siswa tanpa dukungan lingkungan belajar yang kondusif dan peran aktif guru serta sekolah dalam membimbing siswa. Oleh karena itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran perlu disertai dengan strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan siswa secara emosional dan kognitif, bukan hanya aspek teknologinya. Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Era Digital, Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Platform Digital.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506175143 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:40
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir