Maylania , Herlis Sagefi (2025) PENGARUH ERA DIGITAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2997Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2597Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan minat belajar sebagai kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan di era teknologi yang terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh era digital dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa melalui platform pembelajaran digital pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gadingrejo. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur (path analysis). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi, lalu dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak terdapat pengaruh langsung maupun tidak langsung yang signifikan dari era digital, lingkungan belajar, dan platform pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa. Hanya lingkungan belajar yang berpengaruh langsung terhadap platform digital. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi belum cukup mendorong minat belajar tanpa dukungan faktor lain. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tidak serta merta meningkatkan minat belajar siswa tanpa dukungan lingkungan belajar yang kondusif dan peran aktif guru serta sekolah dalam membimbing siswa. Oleh karena itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran perlu disertai dengan strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan siswa secara emosional dan kognitif, bukan hanya aspek teknologinya. Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Era Digital, Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Platform Digital.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2506175143 Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:40 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2025 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89682 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |