PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI

Ninda, Nirmala Septiani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP), UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2487Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2134Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Talang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e berbantu media powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model quasi eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 56 orang dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dikumpulkan dengan teknik pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e berbantu media powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar Negeri.Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, media powtoon, model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5e

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506733191 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:32
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89748

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir