PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Ardila Yuliana, Putri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1283Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1108Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 3 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas 3A dan 3B sebanyak 50 orang, dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi yang divalidasi terlebih dahulu. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas 3 SD Negeri 1 Metro Timur secara menyeluruh dan positif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506229845 Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:19
Terakhir diubah: 30 Jun 2025 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir