PERSEPSI GURU TENTANG E-MODUL IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Bella, Cornelia (2024) PERSEPSI GURU TENTANG E-MODUL IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_BELLA CORNELIA -.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TANPA LAMPIRAN_BELLA CORNELIA - .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1547Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA BAB 4&LAMPIRAN_BELLA CORNELIA - .pdf

Download (1194Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang e- modul mata pelajaran IPAS. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 orang guru IPAS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dengan skala Likert, yang sebelumnya perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi guru tentang kejelasan dan kesesuaian teks, gambar, animasi dan video dalam e- modul di sekolah dasar sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis deskriptif kuantitatif persentase paling tinggi yaitu sebesar 68,8% dengan kategori sangat baik. (2) Persepsi guru tentang penyajian materi dalam e-modul di sekolah dasar sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis deskriptif kuantitatif persentase paling tinggi yaitu sebesar 55% dengan kategori sangat baik. (3) Persepsi guru tentang kebermanfaatan e-modul di sekolah dasar sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis deskriptif kuantitatif persentase paling tinggi yaitu sebesar 48,8% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: e-modul, guru, IPAS, persepsi. The aim of this research is to determine teachers' perceptions about e-modules for IPAS subjects. The research method uses a type of research with a quantitative descriptive approach. The population in this study was 45 IPAS teachers. The data collection technique used is a questionnaire with a Likert scale, which previously needs to be tested for validity and reliability. The data analysis used is descriptive quantitative percentage. The research results show that (1) Teachers' perceptions regarding the clarity and suitability of text, images, animations and videos in e- modules in elementary schools are very good. This is proven by the results of quantitative descriptive analysis calculations, the highest percentage is 68.8% in the very good category. (2) Teachers' perceptions regarding the presentation of material in e-modules in elementary schools are very good. This is proven by the results of quantitative descriptive analysis calculations, the highest percentage is 55% in the very good category. (3) Teachers' perceptions about the usefulness of e- modules in elementary schools are very good. This is proven by the results of quantitative descriptive analysis calculations, the highest percentage is 48.8% in the very good category. Keywords: e-module, IPAS, perception, teacher

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:32
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir