PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

ERNI, LESTARI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Erni Lestari - erni lestari.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi_Erni Lestari - erni lestari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2532Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan_Erni Lestari - erni lestari.pdf

Download (2468Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tulang Bawang Barat sebanyak 250 siswa yang terdistribusi atas delapan kelas yaitu VIII.A sampai VIII.H. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.B dan VIII.E yang masing-masing terdiri dari 32 siswa dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa median data gain kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada median data gain kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan hasil analisis lanjutan diperoleh bahwa rata-rata data gain kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada rata-rata data gain kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci : koneksi matematis, pengaruh, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:33
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90304

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir