PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI Oleh Fathlul Huda NPM 2053021003 BANDAR LAMPUNG 2024 MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Fathlul, Huda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI Oleh Fathlul Huda NPM 2053021003 BANDAR LAMPUNG 2024 MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Fathlul Huda - Fathlul Huda.pdf

Download (4056Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi_Fathlul Huda - Fathlul Huda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan_Fathlul Huda - Fathlul Huda.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Barat semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam tujuh kelas yaitu VII A sampai VII G. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VII C sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran inkuiri terbimbing, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:49
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir