PERAN PENDIDIK DAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN

ANNISYA, RANGGAWUNI (2025) PERAN PENDIDIK DAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi Annisya Ranggawuni_Abstrak.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF (Skripsi Full Tanpa Lampiran)
Skripsi Annisya Ranggawuni_Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2192Kb)
[img]
Preview
File PDF (Skripsi Tanpa Bab Pembahasan)
Skripsi Annisya Ranggawuni_Tanpa Bab 4.pdf

Download (2074Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalah pada penelitian ini yaitu peran pendidik dan orang tua terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendidik terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas II, bagaimana peran orang tua terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas II, serta bagaimana faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kemampuan membaca peserta didik kelas II. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan sebagai evaluator di sekolah sangat mempengaruhi perkembangan kemampuan membaca peserta didik. Sementara itu, keterlibatan orang tua sebagai pembimbing, fasilitator, dan pemberi motivasi di rumah juga berkontribusi dalam mendukung proses belajar membaca anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik yang aktif dalam membimbing, memfasilitasi, dan memotivasi peserta didik berkontribusi besar terhadap peningkatan kemampuan membaca. Sebaliknya, keterlibatan orang tua masih bervariasi dan cenderung terbatas. Faktor pendukung meliputi strategi pembelajaran yang tepat dan lingkungan belajar yang kondusif, sementara hambatannya berasal dari kurangnya bimbingan di rumah dan minimnya kebiasaan membaca.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507761307 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:21
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90740

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir