EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Diva, Dzakyrani Shaliha (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak Diva Dzakyrani Shaliha .pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
Diva Dzakyrani Shaliha Skripsi full Tanpa Lampiran Isi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1888Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Diva Dzakyrani Shaliha Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1600Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah IPAS peserta didik kelas IV SDIT Insan Kamil yang disebabkan oleh kurang optimalnya penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan minimnya penggunaan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Problem Based Learning berbasis aplikasi Assemblr EDU terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 59 peserta didik kelas IV Bir Ali dan IV Raudah. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Assemblr EDU memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini terlihat dari meningkatnya skor rata-rata post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji N-Gain menunjukkan kategori peningkatan yang lebih baik pada kelas eksperimen, sedangkan hasil uji-t independen membuktikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507045936 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:24
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90743

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir