Siti, Aisyah (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROYEK BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD-21 PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DAN EFEK RUMAH KACA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (656Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TUGAS AKHIR THESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1405Kb) |
|
|
File PDF
TUGAS AKHIR THESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
penelitian ini bertujuan mengembangkan lkpd berbasis proyek berdiferensiasi dengan pendekatan stem yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan abad 21 peserta didik pada topik pemanasan global dan efek rumah kaca. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain addie yang terdiri dari langkah analyze, design, development, implementation dan evaluation. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lkpd berdiferensiasi yang dikembangkan memiliki kevalidan yang tinggi pada aspek isi, konstruk, bahasa dan desain. dalam hal kepraktisan memiliki keterbacaan, kemenarikan, dan keterlaksanaan mendapatkan penilaian yang tinggi tinggi dengan kriteria sangat praktis. selain itu, lkpd yang dikembangkan juga telah terbukti efektif dalam melatihkan keterampilan abad 2 peserta didik yang ditunjukkan dengan memperoleh nilai n-gain dengan kriteria peningkatan sedang pada keterampilan berpikir kritis dan nilai n-gain dengan kategori sedang pada keterampilan berpikir kreatif. pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas eksperimen ditunjukkan dengan nilai effect size yang berada pada kategori sedang pada keterampilan berpikir kritis dan dengan kategori sedang pada keterampilan berpikir kreatif. pada keterampilan kolaborasi terjadi perbedaan signifikan dilihat dari uji independent t test dimana rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dan pada keterampilan komunikasi hasil uji independent t test dimana nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lkpd berbasis proyek berdiferensiasi dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda yang meliputi kemampuan awal siswa dan gaya belajar, serta lkpd berbasis proyek berdiferensiasi yang dikembangkan dapat melatihkan keterampilan abad 21 peserta didik. kata kunci:keterampilan abad 21, lkpd berdiferensiasi, stem
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2507512929 Aisyah Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:41 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2025 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90761 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |