Zalfa Qonitah, Pratiwi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3482Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3459Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan literasi sains merupakan kapasitas seseorang untuk mampu berperan dalam memecahkan permasalahan sains. Namun, tingkat literasi sains peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berkonteks socioscientific issue terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kelas XA dan XB di MAN 2 Bandar Lampung ditetapkan sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest dan angket tanggapan peserta didik. Uji N-Gain dilakukan untuk mengukur peningkatan nilai pretest-posttest. Hasil pretest-posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan hasil 0,43 dengan kategori “sedang” dibandingkan kelas kontrol dengan hasil 0,26 dengan kategori “rendah”. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan hasil H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji effect size, diperoleh nilai sebesar 1,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berkonteks SSI berbantuan e-LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan literasi sains peserta didik kelas X di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya untuk mengkaji efektivitas model pada jenjang pendidikan dan materi pelajaran yang berbeda.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2507415411 Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:37 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2025 08:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90799 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |