IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

VESTIANA , ANISTASIA (2025) IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2391Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2035Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang berfokus pada pembahasan mengenai berbagai upaya manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya. Secara empiris kecakapan siswa SMA dalam menggunakan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari atau dalam berperilaku ekonomi masih belum memenuhi harapan dengan kata lain, siswa belum melek ekonomi terutama dalam berpikir kritis. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran ekonomi untuk menjembati permasalahan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan implementasi lesson study dalam meningkatakan literasi ekonomi dan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di MA Al Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Dengan melibatkan 36 siswa MA Al Hikmah Bandar Lampung. Hasil penelitian 1) Implementasi lesson study pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan literasi ekonomi memperoleh hasil signifikan dengan hasil 52,7% peserta didik memperoleh kriteria sangat baik. 2) Implementasi lesson study pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh hasil signifikan dengan hasil 47,2% peserta didik memperoleh kriteria sangat baik. 3) Keefektifan implementasi model lesson study pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan literasi ekonomi dan kemampuan berpikir kritis siwa memperoleh hasil klasifikasi tinggi dengan 30 siswa menunjukkan peningkatan yang tinggi, selain itu peningkatan juga diperoleh dari kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dengan jumlah 69,4% aktif, serta 77,8% siswa terampil dalam literasi ekonomi dan berpikir kritis. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Ekonomi, Lesson Study, Literasi Ekonomi

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2507826815 Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2025 09:01
Terakhir diubah: 09 Oct 2025 09:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90958

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir