NANA , NABILA PUTRI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas I pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match cards terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri 1 Merbau Mataram dengan jumlah peserta didik 66 orang. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match cards terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata Kunci: bahasa Indonesia, hasil belajar, kooperatif tipe make a match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507461470 Digilib |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:33 |
Terakhir diubah: | 10 Oct 2025 08:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91005 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |