IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MASSACHUSETTS INSTITUTE OF TECHNOLOGY APP INVENTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG

Kinaryo , Damar Pamungkas (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MASSACHUSETTS INSTITUTE OF TECHNOLOGY APP INVENTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1249Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1128Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah di SMAN 17 Bandar Lampung, yang ditandai dengan dominasi penggunaan media konvensional yang pasif dan minimnya keterlibatan aktif peserta didik. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar sejarah peserta didik masih berada pada kategori rendah, dengan nilai rata-rata 62,73, dengan jumlah siswa tuntas tuntas KKM (6 siswa) dan jumlah siswa belum tuntas KKM (27 siswa). Hal ini mengindikasikan perlunya inovasi strategis dalam media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis MIT App Inventor terhadap hasil belajar siswa pada Kelas XI.1 SMA Negeri 17 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan desain onegroup pretest-posttest dengan melibatkan 33 peserta didik sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisi secara deskriptif, inferensial dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan kenaikan rata-rata nilai pretest (53,36) dan posttest (79,64). Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor. Uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 0.55 menunjukan bahwa media berbasis MIT App Inventor ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria sedang. Penggunaan media berbasis MIT App Inventor mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis MIT App Inventor dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Massachusetts institute of technology app inventor, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2507393350 Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:50
Terakhir diubah: 10 Oct 2025 08:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91022

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir