PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SD

Kadek , Asih Septiyani (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Skripsi_Kadek Asih Septiyani_PGSD - Kadek Asih.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Kadek Asih Septiyani_PGSD - Kadek Asih.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1304Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Tanpa Pembahasan_Kadek Asih Septiyani_PGSD - Kadek Asih.pdf

Download (1189Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V A di SD Negeri 3 Sanggar Buana. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah pre- experimental design dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi sebanyak 40 peserta didik dengan menggunakan sampel sebanyak 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel, jadi dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V A di SD Negeri 3 Sanggar Buana tahun ajaran 2024/2025. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem-based learning The problem in this study was the low critical thinking skills of fifth-grade A students at SD Negeri 3 Sanggar Buana. This study aimed to determine the effect of the problem-based learning model on critical thinking skills in IPAS learning. The research method used was a pre-experimental design with a one-group pretest- posttest design. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The population consisted of 40 students, with a sample of 21 students. The data collection techniques used were tests, observation sheets, and documentation. The hypothesis testing used simple linear regression, and the result showed that Fhitung ≥ Ftabel. Therefore, it could be concluded that there was an effect of the problem-based learning model on critical thinking skills in IPAS learning among fifth-grade A students at SD Negeri 3 Sanggar Buana in the 2024/2025 academic year. Keywords: critical thinking skills, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:36
Terakhir diubah: 17 Oct 2025 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir