PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SASKIA DITA AYU , NINGTIAS (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (434Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media audio visual berbantuan Powtoon terhadap hasil belajar IPAS. Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS kelas dengan menggunakan media audio visual berbantuan Powtoon dengan kelas menggunakan media gambar. Metode penelitian eksperimen semu (quasi-experiment), dengan menerapkan desain penelitian non-equivalent control group design, serta menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sri Budaya dengan jumlah peserta didik 44 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual berbantuan Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media audio visual berbantuan Powtoon dengan kelas kontrol menggunakan media gambar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Sri Budaya pada mata pelajaran IPAS Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci: hasil belajar, IPAS, media audio visual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507839162 Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:48
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91435

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir