Nadia , Vidieyanti (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMPN SATU ATAP 3 KALIANDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI NADIA VIDIEYANTI - Nadia Vidieyanti.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN NADIA VIDIEYANTI - Nadia Vidieyanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (3374Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI_FULL_TANPA_BAB_PEMBAHASAN_NADIA_VIDIEYANTI - Nadia Vidieyanti.pdf Download (3085Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap Kepedulian Sosial Peserta Didik di SMPN Satu Atap 3 Kalianda. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test pendekatan kuantitatif, yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam Pendidikan Pancasila materi keberagaman Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari pembelajaran Problem Based Learning terhadap kepedulian sosial peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pre-test ke post-test, didukung oleh uji hipotesis yang menunjukkan perubahan signifikan. Hasil ini diperkuat oleh hasil observasi individual yang menunjukkan dominasi respons positif pada indikator kepedulian sosial, seperti empati, kasih sayang, tanggung jawab sosial, dan kerja sama kolaboratif. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Keberagaman, Kepedulian sosial. This research aimed to determine the influence of Problem Based Learning (PBL) in Civic Education on the Social Care of students SMPN Satu Atap 3 Kalianda. The method used was a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test in a quantitative approach, applying the PBL model in Civic Education with the topic of Indonesia’s Diversity within the Framework of Bhinneka Tunggal Ika.The results of the research indicated a positive influence of Problem Based Learning of students’ social care. The findings showed an increase in post-test scores compared to the pre-test, supported by hypothesis testing which revealed a significant difference. These results were also strengthened by individual observation data, which showed a dominance of positive responses in indicators of social care, such as empathy, compassion, social responsibility, and collaborative cooperation. Keywords: Problem Based Learning, Civic Education, Bhinneka Tunggal Ika, Diversity, Social Care.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:36 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 04:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91487 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |