PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Julianingsih , - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - ABSTRACT - Julianingsih.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Julianingsih.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1743Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Julianingsih.pdf

Download (1620Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 10 Metro Timur Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan peningkatan pada penerapan model pembelajaran Problem- Based Learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar ipas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu yang merupakan jenis metode penelitian yang menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas pembanding atau kelas kontrol dengan jumlah sampel 41 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berbentuk tes dan non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi liniear sederhana dengan hasil dari teknik analisis data yang telah dilakukan menunjukan terdapat pengaruh dengan hasil 82,1% pada penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 10 Metro. Kata kunci: hasil belajar, mind mapping, Problem-Based The problem in this study was the low learning outcomes in IPAS among fifth- grade students at SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of this study was to determine the influence and improvement resulting from the implementation of the Problem-Based Learning model assisted by mind mapping on students’ IPAS learning outcomes. This research was a quantitative study with a quasi- experimental approach, which involves two classes: an experimental class and a control class, with a total sample of 41 students. The data collection methods used in this study include tests and non-test instruments. The data analysis technique applied was simple linear regression. The results of the analysis showed that the implementation of the Problem-Based Learning model assisted by mind mapping has a significant influence of 82.1% on the IPAS learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 10 Metro. Keyword:mind mapping, earning outcomes Problem-Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:37
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91512

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir