PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK DESIGN THINKING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

YUNDA , MARISKA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK DESIGN THINKING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-YUNDA MARISKA - Yunda Mariska.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-YUNDA MARISKA - Yunda Mariska.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1067Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN-YUNDA MARISKA - Yunda Mariska.pdf

Download (848Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning dengan teknik design thinking pada materi ekosistem terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun 2024/2025. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah peserta didik di kelas X.E.6 sebagai kelas eksperimen dan X.E.9 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Pengambilan data diperoleh melalui pretest-posstest. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model project based learning dengan teknik design thinking dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H0 ditolak H1 diterima. Peningkatan indikator pemecahan masalah yang paling tinggi adalah indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah dengan nilai N- gain 0,73 (kategori tinggi) sedangkan yang paling rendah adalah menyusun rencana pemecahan masalah dengan nilai N-gain 0,52 (kategori sedang). Hasil tanggapan didapatkan hampir semua setuju (90,08 %) bahwa penggunaan model project based learning dengan teknik design thinking menunjukkan adanya tanggapan positif dan diterima baik oleh peserta didik. Kata Kunci: PjBL, Design Thinking, Kemampuan Pemecahan Masalah This study aims to determine the effect of the application of the project based learning model with design thinking techniques on ecosystem materials on the problem-solving ability of students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung in 2024/2025. The population in this study is all students of Class X SMAN 15 Bandar Lampung. The sample was students in Class X.E.6 as experimental class and X.E.9 as a control class with sampling technique is random sampling. This study is a quantitative research with quasi-experimental design to analyze the effect of learning models used on problem solving skills. Data retrieval is obtained through pretest-posstest. The type of data used is quantitative data in the form of problem- solving skills of learners. The results showed that there is a significant effect of the use of project based learning model with design thinking techniques in improving problem solving skills with Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 means H0 rejected H1 accepted. The highest increase in problem solving indicators is the indicator of implementing a problem solving plan with an N-gain value of 0.73 (high category) while the lowest is preparing a problem solving plan with an N-gain value of 0.52 (medium category). The results of the responses obtained almost all agreed (90.08 %) that the use of project based learning model with design thinking techniques showed a positive response and was well received by students. Keywords: PjBL, Design Thinking, Problem Solving Ability

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:39
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91569

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir