Sherli , Indah Tiaranita (2025) PENGARUH PENALARAN MORAL TERHADAP PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LIWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2734Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2585Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran moral terhadap perilaku disiplin belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Liwa. Penalaran moral merupakan salah satu aspek kognitif yang memengaruhi bagaimana individu mengambil keputusan tentang benar dan salah, sedangkan disiplin belajar mencerminkan ketaatan siswa terhadap aturan, tugas, serta tanggung jawab akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Jumlah responden penelitian adalah 74 peserta didik dengan instrumen berupa angket. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,00 (<0,05) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,325, yang berarti penalaran moral memberikan pengaruh sebesar 32,5% terhadap perilaku disiplin belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa penalaran moral berperan penting dalam pembentukan kedisiplinan belajar siswa, meskipun faktor lain seperti motivasi, lingkungan keluarga, peran guru, dan pengaruh teman sebaya juga turut berkontribusi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter dan pembinaan moral reasoning dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Kata Kunci : Penalaran Moral, Perilaku Disiplin, Belajar Peserta Didik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2507773099 Digilib |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 04:25 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2025 04:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91579 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |