PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SDN 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053041, MANDASARI AD’HA (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SDN 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan skripsi.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (466Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ermasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 10 Metro Pusat. Siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 15 siswa (52%). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi dan alat tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan alat tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data penelitian ini dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (54), siklus II (64), dan siklus III (82). Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (44,58%), siklus II (61,08%), dan siklus III (80,78%). Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I 55,17, siklus II 75,86 dan siklus III 86,21. Kata kunci: model kooperatif tipe Team Assisted Individualization, aktivitas belajar dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:34
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9167

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir