Annisa , Qurottul Aini (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI HUKUM PASCAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Annisa Qurottul Aini.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL BAB - Annisa Qurottul Aini.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Annisa Qurottul Aini.pdf Download (2999Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis proyek yang valid, praktif, dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam materi Hukum Pascal berbantuan Heyzine Flipbooks. Desain penelitian pengembangan yang digunakan adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey dan Klein (2007) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, serta uji keefektifan yang terdiri dari uji normalitas, N-Gain, dan Paired Sample T-Test. Hasil uji validitas e-LKPD diperoleh rata-rata skor dari tiga orang ahli validator sebesar 3,86 dengan persentase 96,5% yang dikategorikan sangat valid, sedangkan hasil uji validitas empirik diperoleh rata-rata skor sebesar 3,6 dengan persentase 90% yang dikategorikan sangat valid. Hasil uji kepraktisan untuk uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor sebesar 84,18% yang dikategorikan sangat terbaca, uji persepsi guru diperoleh rata-rata skor sebesar 86,81% yang dikategorikan sangat baik, dan uji respon peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 83% yang dikategorikan sangat baik. Sehingga diperoleh rata-rata skor uji kepraktisan sebesar 83,45% yang dikategorikan sangat praktis. Hasil uji keefektifan untuk N-Gain diperoleh skor sebesar 0,69 dengan kategori sedang, dan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar <0,001 yang berarti terdapat peningkatan secara signifikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan e-LKPD berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis proyek yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Berbasis Proyek, e-LKPD, Hukum Pascal, Kemampuan Berpikir Kreatif This study aims to develop a valid, practical, and effective project-based e-LKPD that can improve students' creative thinking abilities in Pascal's Law material with the help of Heyzine Flipbooks. The research design used is Design and Development Research (DDR), adapted from Richey and Klein (2007), employing validity testing, practicality testing (including readability testing, teacher perception testing, and student response testing), and effectiveness testing (including normality testing, N-Gain, and Paired Sample T-Test. The validity test results for the e-LKPD yielded an average score of 3.86 from three expert validators, with a percentage of 96.5%, categorized as highly valid. The empirical validity test results yielded an average score of 3.6, with a percentage of 90%, also categorized as highly valid. The practicality test results for readability yielded an average score of 84.18%, categorized as highly readable, the teacher perception test yielded an average score of 86.81%, categorized as very good, and the student response test yielded an average score of 83%, categorized as very good. Thus, the average practicality test score was 83.45%, categorized as very practical. The effectiveness test results for N-Gain yielded a score of 0.69, categorized as moderate, and the Paired Sample T-Test yielded a sig. (2-tailed) value of <0.001, indicating a significant improvement in students' creative thinking abilities after using the project-based e-LKPD. The research results indicate that the project- based e-LKPD developed is valid, practical, and effective in enhancing students' creative thinking abilities. Keywords: Creative Thinking Abilities, e-LKPD, Pascal's Law, Project Based
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:03 |
| Terakhir diubah: | 22 Oct 2025 03:03 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91677 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
