PENGARUH PENERAPAN METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN 8 METRO TIMUR

Hana, Janatan Salsabiela (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN 8 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - hana janatan.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - hana janatan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1542Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - hana janatan.pdf

Download (1488Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan sebagian peserta didik kelas I SDN 8 Metro Timur masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kupas rangkai suku kata terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest- posttest. Teknik pengumpulan data mencakup tes lisan EGRA (Early Grade Reading Assessment) serta instrumen non-tes berupa observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 72 peserta didik dengan 24 peserta didik kelas I sebagai sampel. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 63,96 (pretest) menjadi 79,54 (posttest) dengan nilai N-Gain sebesar 0,4337 yang termasuk kategori sedang. Lebih lanjut, uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai sebesar 0,046 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh antara penerapan metode kupas rangkai suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan. Kata kunci: membaca permulaan, metode kupas rangkai suku kata. The problem addressed in this study was the low level of early reading skills among some first-grade students at SDN 8 Metro Timur. This study aimed to examine the effect of the kupas rangkai suku kata method on improving students’ early reading skills. A quantitative approach was employed using a pre-experimental one-group pretest-posttest design. Data collection techniques included the oral EGRA (Early Grade Reading Assessment) test, as well as non-test instruments such as observation and documentation. The research population consisted of 72 students, with a sample of 24 first-grade students. The results showed an increase in the average score from 63.96 (pretest) to 79.54 (posttest), with a normalized gain (N- Gain) score of 0.4337, which fell into the medium category. Furthermore, a simple linear regression test yielded a value of 0.046 (p < 0.05), indicating a statistically significant effect between the implementation of the kupas rangkai suku kata method and the improvement of early reading skills. Keywords: beginning reading, kupas rangkai suku kata method.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:42
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91747

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir