PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VI SD

SINTIA , APRIANA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VI SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (2) - Sintia apriana.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Sintia apriana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1854Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Sintia apriana.pdf

Download (1808Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Metro Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan jenis desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling non-probability dengan pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 39 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 39 peserta didik, sampel ditentukan dengan Teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan Ha diterima, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar, media wordwall, problem based learning The problem in this research was the low learning outcomes of grade VI students in Science at SD Negeri 5 Metro Utara. The purpose of this research was to determine the effect of Problem-Based Learning (PBL) using Wordwall media on the science learning outcomes of grade VI students at SD Negeri 5 Metro Utara. The method used in this research was a quantitative type with a quasi-experimental design, specifically a non-equivalent control group design. This study used a non- probability sampling technique with data collection methods that included tests, observations, and documentation. The population in this study consisted of 39 students, and the sampel used was all 39 students, which was determined by a saturated sampling technique. Data were analyzed using simple linear regression. A were obtained; therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This research shows that there is an effect of using Problem-Based Learning with Wordwall media on the science learning outcomes of grade VI students at SD Negeri 5 Metro Utara. Keywords: learning outcomes, wordwall media, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:19
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir