Yogi , Dwi Pambudi (2025) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBASIS MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK YOGI DWI PAMBUDI-1 - Yogi Dwi.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FIK SKRIPSI YOGI DWI PAMBUDI BAB 12345 - Yogi Dwi.pdf Restricted to Hanya staf Download (1445Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FIK SKRIPSI YOGI DWI PAMBUDI BAB 1235 - Yogi Dwi.pdf Download (1223Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas masalah tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 16 Gedong Tataan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model active learning berbasis question card terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 42 yang terdiri dari kelas IV A 22 peserta didik dan kelas IV B 22 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data mengunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang signifikan pada model active learning berbasis media question card terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS di SDN 16 Gedong Tataan. Kata Kunci: active learning, berpikir kritis, question card. This research discussed the issue of low critical thinking skills among fourth- grade students in the IPAS subject at SD Negeri 16 Gedong Tataan. The purpose of the research was to determine the effect of the active learning model based on question cards on students’ critical thinking skills. This study employed a quantitative method with a Quasi-Experimental Design, specifically the Nonequivalent Control Group Design. The sample consisted of 42 students, with Class IV A comprising 22 students and Class IV B comprising 20 students, selected through purposive sampling. Data collected through test and non-test techniques. The data were analyzed using simple linear regression. The results showed that the use of the active learning model with question cards had a significant impact on the critical thinking skills of fourth-grade students in the IPAS subject at SDN 16 Gedong Tataan. Keywords: active learning, critical thinking, question card.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:38 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 08:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91893 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
