Suryantoro, 0913024072 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas x Semester Genap SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelejaran 2013/2014 Pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (370Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas x Semester Genap SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelejaran 2013/2014 Pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan) Oleh SURYANTORO Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XM1 dan XM2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 36,62 ± 17,23; rata-rata postes 57,87 ± 15,86; dan rata-rata gain sebesar 0,329 ± 0,193. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek iii kognitif (C1, C2, dan C4) dengan rata-rata gain pada indikator C1 sebesar 0,034 ± 0,023; indikator C2 sebesar 0,019 ± 0,014; pada indikator C4 sebesar 0,016 ± 0,015. Sedangkan nilai rata-rata aspek aktivitas belajar siswa yang diamati antara lain: Melakukan pengamatan 67,74±0,87; menggambarkan spesimen yang diamati 54,84±0,95; mempresentasikan hasil diskusi kelompok 72,04±0,86; bekerjasama dalam tim 51,61±0,88; Mengajukan pertanyaan 64,73±0,81. Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 60,21 ± 9,32 dengan kriteria cukup. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok dunia tumbuhan. Kata kunci: hasil belajar, media realia, dan dunia tumbuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2949695 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 07:37 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2015 07:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9207 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |