Siti Nurkhasanah, - (2025) ANALISIS SUMBER RESILIENSI AKADEMIK REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME PADA SISWA DI SMP PGRI 1 NATAR T.A 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Siti Nurkhasanah.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Siti Nurkhasanah.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Siti Nurkhasanah.pdf Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Resiliensi akademik merupakan kemampuan penting bagi siswa dalam menghadapi dan mengatasi tantangan dilingkungan pendidikan dengan kondisi kelarga yang tidak ideal atau broken home yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan un- tuk menganalisis sumber resiliensi akademik pada siswa di SMP PGRI 1 Natar yang berasal dari keluarga broken home. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik sampel non probability sampling, dengan alat pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur dan analisis data dibantu menggunakan soft- ware Atlats.Ti 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber resiliensi akade- mik terbagi kedalam empat aspek utama, yaitu: (1) Confidence (rasa percaya diri); (2) Control (kontrol diri terhadap situasi akademik); (3) Commitment (komitmen terhadap pembelajaran); serta (4) Composure (ketenangan dan pengendalian emosi). Dari aspek-aspek tersebut, confidence menjadi sumber utama yang men- dukung keberhasilan siswa dalam menghadapi tantangan akademik dan emosional yang didominasi oleh peran dan dukungan dari ibu. Aspek control dan composure sangat menunjang siswa dalam mengelola stres dan tekanan akademik, sedangkan aspek control menunjukkan dedikasi siswa terhadap pencapaian target akademik. Penelitian ini diharap kan dapat memberikan pemahaman mengenai kondisi psikologis dan akademik siswa dari keluarga broken home, serta memberikan acuan terhadap perkembangan resiliensi akademik yang dialami oleh siswa. Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Keluarga Broken Home, Remaja Academic resilience is an important ability for students in facing and overcoming challenges in the educational environment with non-ideal family conditions or bro- ken homes experienced by students. This study aims to analyze the sources of aca- demic resilience in students at SMP PGRI 1 Natar who come from broken homes. The method used is qualitative with a non-probability sampling technique, with data collection tools in the form of semi-structured interviews and data analysis assisted by Atlats.Ti 9 software. The results of this study indicate that the sources of aca- demic resilience are divided into four main aspects, namely: (1) Confidence (self- confidence); (2) Control (self-control over academic situations); (3) Commitment (commitment to learning); and (4) Composure (calmness and emotional control). Of these aspects, confidence is the main source that supports student success in facing academic and emotional challenges dominated by the role and support of the mother. The control and composure aspects greatly support students in manag- ing stress and academic pressure, while the control aspect shows students' dedica- tion to achieving academic targets. This research is expected to provide an under- standing of the psychological and academic conditions of students from broken homes, as well as provide a reference for the development of academic resilience experienced by students. Keywords: Academic Resilience, Broken Home Families, Adolescents
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi 100 Filsafat dan psikologi > 120 Epistemologi, hukum sebab akibat, kemanusiaan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:47 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 03:47 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92378 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
