PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATESTORYLINEUNTUKMENINGKATKAN HASILBELAJAR PEMROGRAMAN DASAR ( Studi Pada Siswa Kelas X PPLG SMKN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

COKY, VRESLY HABEAHAN (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATESTORYLINEUNTUKMENINGKATKAN HASILBELAJAR PEMROGRAMAN DASAR ( Studi Pada Siswa Kelas X PPLG SMKN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK -COKY VRESLY HABEAHAN.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -COKY VRESLY HABEAHAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2894Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - COKY VRESLY HABEAHAN.pdf

Download (2192Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa kelas X PPLG di SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon pengguna untuk mengukur kepraktisan, serta pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas media terhadap peningkatan hasil belajar Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh skor 80% dari ahli materi dengan kategori validitas tinggi, dan 100% dari ahli media dengan kategori validitas sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 75% dari guru kategori praktis dan 89,25% dari Siswa kategori sangat praktis, yang menunjukkan bahwa media mudah digunakan dan menarik. Uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one-group pre-test post-test terhadap Siswa kelas X, yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 47,6 (pre-test) menjadi 83,2 (post-test), dengan nilai N-Gain sebesar 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Pemrograman Dasar di SMK, serta mampu meningkatkan hasil belajar Siswa secara signifikan. Kata kunci: media pembelajaran, Articulate Storyline, hasil belajar, pemrograman dasar, SMK. This study aims to develop learning media based on Articulate Storyline for the Basic Programming subject for Grade X PPLG students at SMK Negeri 8 Bandar Lampung. The research employed the Research and Development (R&D) method using the 4D development model, which includes the stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. Data collection techniques included validation by material and media experts, user response questionnaires to assess practicality, as well as pre-test and post-test to measure the effectiveness of the media in improving learning outcomes. The validation results showed that the media obtained a score of 80% from the material expert, categorized as high validity, and 100% from the media expert, categorized as very high validity, indicating that the media is suitable for use in the learning process. The practicality test results showed a score of 75% from teachers (practical category) and 89.25% from students (very practical category), indicating that the media is easy to use and engaging. The effectiveness test, using a one-group pre-test and post-test design on Grade X students, showed an increase in the average score from 47,6 (pre-test) to 83,2 (post-test), with an N-Gain score of 0.65, which falls into the moderate category.Based on these results, it can be concluded that the Articulate Storyline-based learning media developed is valid, practical, and effective for use in Basic Programming learning at vocational schools and can significantly improve student learning outcomes. Keywords: learning media, Articulate Storyline, learning outcomes, basic programming, vocational school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:18
Terakhir diubah: 03 Nov 2025 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92618

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir