Aqsol , Hadi (2025) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP SIKAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Aqsol 02.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL-1 - Aqsol 02.pdf Restricted to Hanya staf Download (1252Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Aqsol 02.pdf Download (1088Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap sikap kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn Universitas Lampung Angkatan 2022. Sampel penelitian ini berjumlah 53 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai teknik penunjang. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis yang telah peneliti lakukan mengenai pengaruh teman sebaya terhadap sikap kepercayaan diri mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung, diketahui bahwasannya terdapat pengaruh teman sebaya (variabel X) terhadap sikap kepercayaan diri (variabel Y). Hasil yang didapat menunjukkan pengaruh teman sebaya terhadap sikap kepercayaan diri mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung yang ditandai dengan mahasiswa dengan teman sebayanya yang berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa dalam proses pembelajaran dan kehidupan di lingkungan kampus. Kata Kunci: Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Mahasiswa, Pengaruh Teman Sebaya, Lingkungan Perguruan Tinggi This study aims to determine the influence of peers on the self-confidence attitudes of students in the Civic Education Study Program (PPKn) at the faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. The research method used is decriptive with a quantitative approach. The population in this study was the 2022 cohort of PPKn students at the University of Lampung. The sample consisted of 53 respondents selected through random sampling. Data collection techniques included questionnaires as the main instrument and interview as supporting data. Date were analyzed using SPSS version 27. Based on the results of calculations and hypothesis testing, it was found that the influence of peers (Variable X) on students self-confidencce attitudes (Variable Y). These results indicate that peers have a significant influence on the self-confidence of Civic Education students, as evidenced by the important role peers play in shapping and developing students confidence in the learning proces and campus life. Keywords: Peers, Self-Confidence, Students, Peer Influence, College Environment
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:39 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 02:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92703 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
