PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING RAGAM GERAK TARI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IX SMP

ZEFRISYA , - (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING RAGAM GERAK TARI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IX SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - ZEFRISYA.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL - ZEFRISYA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - ZEFRISYA.pdf

Download (2045Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk bahan ajar e-learning ragam gerak tari berbasis project based leaarning di kelas IX SMP, mendeskripsikan kelayakan serta keefektifitasan produk e-learning tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Prosedur penelitian terdiri atas lima langkah, yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 07 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan angket kuisioner. Wawancara dan observasi dilaksanakan untuk menemukan permasalahan yang ada sedangkan angket kuisioner dilaksanakan untuk validasi kelayakan dan keefektifitasan produk yang sudah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-learning ragam gerak tari berbasis project based learning telah dikembangkan dengan menggunakan google sites sebagai bahan ajar Seni Budaya. Bahan ajar e-learning yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai sangat layak berdasarkan hasil validasi dan revisi oleh ahli materi dengan persentase 86,3%, ahli pembelajaran 95,45%, ahli bahan ajar 98,4%, pendidik seni budaya 95,83% dan uji coba peserta didik 93,13%. Revisi bahan ajar e-learning menggunakan google sites dari para ahli meliputi penambahan glosarium, barcode dan tombol navigasi tentang penggunaan produk. Hasil penilaian para ahli dan pendidik menunjukkan kriteria sangat layak. Saran yang diberikan telah ditindaklanjuti untuk menyempurnakan pengembangan bahan ajar e-learning menggunakan google sites. Selain itu, produk yang dikembangkan efektif digunakan berdasarkan hasil uji coba pemakaian sepuluh peserta didik dengan kriteria nilai 0,75 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif menjadi bahan ajar seni budaya di SMP kelas IX. Kata kunci: bahan ajar, e-learning, gerak tari, google sites, pengembangan, project based learning. Penelitian sija betujuan guwai ngehasilko khik ngembangkon produk bahan ajar e-learning ragam gerak takhi bebasis projek based learning di kelas IX SMP. Ngedeskripsiko kelayakan khik keefektifan produk e-learning sina. Metode sai digunakon delom penelitian sina iyulah penelitian pengembangan model ADDIE. Prosedur penelitian terdiri jak 5 langkah yakdo analisis, desain, development, implementasi khik evaluasi. Penelitian sija dilaksanako di SMP Negeri 07 B.Lampung. Teknik pengumpulan data delom penelitian sija meliputi wawancara, observasi, khik angket kuisioner. Wawancara khik observasi dilaksanako guwai nemukon permasalahan sai ngedok sedangko angket kuisioner dilaksanako guwai validasi kelayakan khik keefektifan produk sai khadu dikembangko. Hasil penelitian nunjukko bahwa bahan ajar e-learning ragam Gerak tari berbasis project based learning sudah dikembangkon jama ngegunako google sites sebagai bahan ajar seni budaya. Bahan ajar e-learning sai dikembangkon delom penelitian sija dinilai sangat layak bedasarko hasil validasi khik revisi jama ahli materi jama presentase 86,3%, ahli pembelajaran 94,45%, ahli bahan ajar 98,4%, pendidik bahasa lampung 95,83% dan uji coba peserta didik 93,13%. Revisi bahan ajar e-learning ngegunakon google sites jak ahli ngeliputi penambahan glosarium, barcode khik tombol navigasi tentang penggunaan produk. Hasil penilaian- penilaian para ahli khik pendidik nunjukko kriteria sai sangat layak atau sangat helau. Saran khik pebaikan khadu dilaksanako guwai nyempurnako pengembahan bahan ajar e-learning ngegunako google sites. Selain seno, produk sai dikembangkon efektif digunakon bedasarkon hasil uji cuba pemakaian ruwa puluh enom peserta didik jama kriteria nilai 0,75 sai tekuruk dilom kategori langar sehingga dapok disimpulkon bahwa bahan ajar sai dikembangkon efektif jadi bahan ajar seni budaya di SMP kelas IX. Kata kunci: bahan ajar, e-learning, gerak tari, google sites, pengembangan, project based learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:44
Terakhir diubah: 06 Nov 2025 01:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir