PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-SCRAPBOOK TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Eimirilleikbeiraney , - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-SCRAPBOOK TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
[9] Abstrak Tesis - Eimirill (upload) - Eimirilleikbeiraney S. A. Karim.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
[9] Tesis Tanpa Lampiran - Eimirill (upload) - Eimirilleikbeiraney S. A. Karim.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3853Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
[9] Tesis Tanpa Pembahasan dan Lampiran - Eimirill (upload) - Eimirilleikbeiraney S. A. Karim.pdf

Download (1768Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemilihan media pembelajaran yang kurang inovatif sering kali menjadikan proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan, terutama pada topik abstrak seperti tata surya. Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep tanpa visualisasi dan interaksi yang memadai menyoroti pentingnya peran media yang efektif untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik tata surya dengan mengembangkan e-scrapbook. E-scrapbook memanfaatkan keunggulan multimedia interaktif, termasuk animasi gambar, gambar bergerak, video dan simulasi, untuk merepresentasikan konsep tata surya secara dinamis dan visual. Karakteristik ini mendorong keterlibatan aktif siswa, yang diharapkan dapat memfasilitasi pemahaman konseptual yang lebih baik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Tanjung Bintang. Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan uji N-Gain, sementara pengaruh treatment yang diberikan diuji hipotesisnya menggunakan Paired Sample T-Test. Kata kunci: media pembelajaran, e-scrapbook, tata surya, hasil belajar. The lack of innovative learning media frequently results in unengaging and tedious learning processes, particularly when addressing abstract topics such as the solar system. Students' difficulties in grasping concepts without adequate visualisation and interaction highlight the critical role of effective media in supporting learning. This study aims to provide learning media that can enhance students' learning outcomes on the solar system topic by developing an e-scrapbook. The e-scrapbook leverages the advantages of interactive multimedia, including animated images, moving images, videos, and simulations, to dynamically and visually represent solar system concepts. These features encourage active student engagement, which is expected to facilitate better conceptual understanding and significantly improve student learning outcomes. This study was conducted at SMPN 2 Tanjung Bintang. Learning outcomes improvement was analysed using the N-Gain test, while the effect of the treatment was tested using the Paired Sample T-Test. Keywords: learning media, e-scrapbook, solar system, learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:40
Terakhir diubah: 07 Nov 2025 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92789

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir