INTEGRATING LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) STRATEGY AND WORDWALL AS GAME-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION

MASITA , EKA PRASTYAWATI (2025) INTEGRATING LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) STRATEGY AND WORDWALL AS GAME-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK -MASITA EKA PRASTYAWATI.pdf

Download (414Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL -MASITA EKA PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2155Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN -MASITA EKA PRASTYAWATI.pdf

Download (1865Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Membaca merupakan keterampilan penting yang membantu siswa mengakses informasi, memperluas pengetahuan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan, khususnya dalam menguasai kosakata dan membuat inferensi, yang dapat memengaruhi kemampuan belajar mereka secara efektif. Strategi Listen-Read- Discuss (LRD) umumnya digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca, namun memiliki keterbatasan dalam meningkatkan retensi kosakata dan keterlibatan siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengintegrasikan Wordwall, sebuah alat pembelajaran digital berbasis game, dengan LRD untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah integrasi LRD dan Wordwall dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa secara signifikan dibandingkan dengan strategi LRD asli. Penelitian dilakukan di SMP PGRI 2 Sukadana dengan siswa kelas VII, menggunakan desain true-experimental. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan LRD dengan Wordwall, sedangkan kelompok kontrol menggunakan strategi LRD asli. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman membaca dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji t independen dan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan (pretest: 63,14; posttest: 80,83) dibandingkan kelompok kontrol (pretest: 58,75; posttest: 71,05). Peningkatan terbesar terjadi pada penguasaan kosakata dan identifikasi gagasan utama, sedangkan keterampilan membuat inferensi menunjukkan peningkatan paling rendah. Ditemukan korelasi positif yang tinggi (r = 0,663) antara keterlibatan dalam pembelajaran berbasis game dan pemahaman membaca. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan strategi LRD dan Wordwall dapat secara efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan pembelajaran membaca di kelas. Kata kunci: Listen-Read-Discuss (LRD), Wordwall, Pembelajaran Berbasis Game, Pemahaman Membaca. Reading is an essential skill that helps students access information, expand their knowledge, and develop critical thinking. However, many students struggle with reading comprehension, especially in understanding vocabulary and making inferences, which can affect their ability to learn effectively. The Listen-Read-Discuss (LRD) strategy is commonly used to improve reading comprehension, but it has limitations in enhancing vocabulary retention and student engagement. To address this issue, this study integrates Wordwall, a game-based digital learning tool, with LRD to create a more interactive and engaging learning experience. This study aims to determine whether integrating LRD and Wordwall significantly improves students' reading comprehension compared to the original LRD strategy. Conducted at SMP PGRI 2 Sukadana with seventh-grade students, the research used a true-experimental design. The experimental group was taught using LRD with Wordwall, while the control group followed the original LRD strategy. The data were collected through reading comprehension tests and questionnaires, then analyzed using independent t-tests and Pearson product moment. The results show that the students in the experimental group improved significantly (pretest: 63.14; posttest: 80.83) compared to the control group (pretest: 58.75; posttest: 71.05). Vocabulary and main idea identification improved the most, while inferencing skills showed the least progress. A high positive correlation (r = 0.663) was found between game-based learning engagement and reading comprehension. These findings suggest that integrating LRD strategy and Wordwall can effectively enhance students’ reading comprehension by making the learning process more engaging and interactive. Therefore, this method is recommended as an alternative solution to improving reading instruction in the classroom. Keywords: Listen-Read-Discuss (LRD), Wordwall, Game-Based Learning, Reading Comprehension.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:35
Terakhir diubah: 07 Nov 2025 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir