PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

NEGI , TITIN WIDYANINGTIUS (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Skripsi_Negi Titin Widyaningtius_2113053167 - Negi Titin widyaningtius.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
fiks Skripsi Tanpa Lampiran_Negi Titin Widyaningtius_ 2113053167 (5) - Negi Titin widyaningtius.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2327Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan (Lampiran)_Negi Titin Widyaningtius_ 2113053167 (2) - Negi Titin widyaningtius.pdf

Download (2135Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV karena pendidik belum menggunakan model dan media yang bervariatif guna mendukung pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media flashcard digital terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian non-equivalent control gruop design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 54 orang dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media flashcard digital terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo. Kata Kunci : cooperative learning, flashcard digital, hasil belajar ABSTRACT The problem on this study was the low IPAS learning outcomes of fourth-grade students because teachers had not yet used varied models and media to support student learning. This study aimed to determine the effect of using the cooperative learning model assisted by digital flashcard media on students IPAS learning outcomes. The method used was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The sampling technique used was non-probability sampling with a purposive sampling type. The population in this study consisted of 54 students, and the samples used were the fourth-grade students of classes IVA and IVB. Data collection techniques included tests and non-test instruments in the form of observation sheets. Hypothesis testing used simple linear regression. The results of this study indicate that there is a significant effect of using a cooperative learning model assisted by digital flashcard media on the learning outcomes of IPAS class IV students of SD Negeri 1 Triharjo. Keywords: cooperative learning, digital flashcards, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:18
Terakhir diubah: 07 Nov 2025 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir