PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DAN ROUND ROBIN DENGAN MEMPERHATIKAN STUDENT ENGAGEMENT DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

SAPUTRI , ANZANI (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DAN ROUND ROBIN DENGAN MEMPERHATIKAN STUDENT ENGAGEMENT DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK ANZANI - Saputri Anzani.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI ANZANI (TANPA LAMPIRAN) - Saputri Anzani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2346Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI ANZANI (TANPA LAMPIRAN DAN PEMBAHASAN) - Saputri Anzani.pdf

Download (1820Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan tipe Round Robin dengan mempertimbangkan tingkat keterlibatan siswa (student engagement) di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) model faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji-t dan analisis varians dua arah (Two-Way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dan model Round Robin; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki student engagement tinggi dan rendah; (3) hasil belajar siswa yang memiliki student engagement tinggi lebih baik saat menggunakan model pembelajaran TGT dibanding Round Robin; (4) hasil belajar siswa yang memiliki student engagement rendah lebih baik saat menggunakan model pembelajaran Round Robin dibandingkan TGT; dan (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan student engagement terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun model pembelajaran dan keterlibatan siswa masing-masing memengaruhi hasil belajar secara signifikan, keduanya tidak saling memperkuat secara interaktif. Kata kunci: Hasil Belajar Ekonomi, Round Robin, Student Engagement Team Game Tournament This research was motivated by the low student learning outcomes. The purpose of this research is to compare students' economics learning outcomes using the cooperative learning models of Team Game Tournament (TGT) and Round Robin, while considering students' levels of student engagement at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The research employed a quantitative approach with a quasi- experimental 2x2 factorial design. The subjects of this study were Grade XI social science students, selected through purposive sampling. Data analysis techniques included independent sample t-tests and two-way ANOVA. The findings of the study indicate that: (1) there is a significant difference in economics learning outcomes between students taught using the TGT model and those using the Round Robin model; (2) there is a significant difference in learning outcomes between students with high and low levels of student engagement; (3) students with high engagement achieved better learning outcomes when taught using the TGT model compared to the Round Robin model; (4) students with low engagement performed better when taught using the Round Robin model compared to TGT; and (5) there is no significant interaction between learning model and student engagement on students’ economics learning outcomes. These results suggest that both instructional model and student engagement independently affect learning outcomes, but do not interact to influence them jointly. Keywords: Learning Outcomes, Round Robin, Student Engagement, Team Game Tournament

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:36
Terakhir diubah: 10 Nov 2025 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92919

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir