Nabila, Dina Nosya (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Nabila Dina Nosya - Nabila Dina Nosya.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Nabila Dina Nosya - Nabila Dina Nosya.pdf Restricted to Hanya staf Download (1304Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Nabila Dina Nosya tanpa pembahasan - Nabila Dina Nosya.pdf Download (1238Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi ke dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-D sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U dengan α = 0,05 diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: berpikir kritis matematis, pendekatan realistic mathematics education, efektivitas. This study aims to determine the effectiveness of learning with the Realistic Mathematics Education approach on students' mathematical critical thinking skills. The population in this study were all students of class VII of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year who were distributed into six classes. The research sample was students of class VII-D as an experimental class consisting of 29 students and class VII-E as a control class consisting of 30 students selected using a purposive random sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. The data of this study were quantitative data obtained from a mathematical critical thinking ability test. Based on the results of the hypothesis test using the Mann-Whitney U test with α = 0.05, it was obtained that the average mathematical critical thinking ability of students who took learning with the Realistic Mathematics Education approach was higher than the average mathematical critical thinking ability of students who took conventional learning. Thus, learning with the Realistic Mathematics Education approach has an effect on students' mathematical critical thinking abilities. Keywords : critical mathematical thinking, realistic mathematics education approach, effectiveness.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:33 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 08:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93142 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
