KONTRIBUSI PEER INFLUENCE TERHADAP DINAMIKA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI MAHASISWI (STUDI PADA CIRCLE PERTEMANAN UNIVERSITAS LAMPUNG)

SOPHA , NURFAUZI (2025) KONTRIBUSI PEER INFLUENCE TERHADAP DINAMIKA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI MAHASISWI (STUDI PADA CIRCLE PERTEMANAN UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -SOPHA NURFAUZI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI -SOPHA NURFAUZI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2065Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SOPHA NURFAUZI.pdf

Download (1518Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji pengaruh peer influence terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswi Universitas Lampung dalam konteks circle pertemanan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, peneliti melibatkan lima mahasiswi dalam circle pertemanan yang sudah lebih dari empat tahun. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan ATLAS.Ti 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa circle pertemanan yang suportif berperan penting dalam aspek kesejahteraan psikologis, seperti hubungan sosial positif, penerimaan diri, tujuan hidup, pertumbuhan pribadi, kemandirian, dan pengelolaan lingkungan. Dimensi dominan yang ditemukan adalah hubungan positif dengan orang lain (55%), penerimaan diri (17%), dan kemandirian (10%). Penelitian ini juga mengidentifikasi pengaruh negatif dari otonomi (6%), seperti ketergantungan pada validasi eksternal dan konflik keputusan. Temuan ini menunjukkan bahwa peer influence berperan besar dalam mendukung stabilitas emosional dan perkembangan psikologis mahasiswi. Kata kunci: peer influence, kesejahteraan psikologis, pertemanan, mahasiswi This study examines the influence of peer influence on the psychological well- being of female students at the University of Lampung within the context of friendship circles. Using a qualitative approach with a case study method, the researcher involved five female students in friendship circles that have lasted more than four years. Data were collected through semi-structured interviews and analyzed using ATLAS.Ti 9. The results show that supportive friendship circles play an important role in aspects of psychological well-being, such as positive social relationships, self-acceptance, purpose in life, personal growth, autonomy, and environmental mastery. The dominant dimensions found were positive relationships with others (55%), self-acceptance (17%), and autonomy (10%). This study also identified negative influences from autonomy (6%), such as dependence on external validation and decision-making conflicts. These findings indicate that peer influence plays a significant role in supporting emotional stability and psychological development of female students. Keywords: peer influence, psychological well-being, friendship, female students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:59
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93353

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir