IMPLEMENTASI LKPD DIGITAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN LITERASI VISUAL DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI MEDAN MAGNET

Atika, Yulandari (2025) IMPLEMENTASI LKPD DIGITAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN LITERASI VISUAL DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI MEDAN MAGNET. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Atika Yulandari.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Atika Yulandari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Atika Yulandari.pdf

Download (3477Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi LKPD digital berbasis model Pembelajaran ExPRession untuk melatihkan literasi visual dan self- efficacy pada materi medan magnet. Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Bandar Lampung dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian pretest- posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XII.F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII.F2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal essay dan angket. Pembelajaran dengan menggunakan implementasi LKPD digital berbasis model Pembelajaran ExPRession memiliki pengaruh dalam melatihkan literasi visual dan self-efficacy peserta didik. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain literasi visual pada kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,60. Sedangkan, nilai rata-rata N-Gain self-efficacy pada kelas eksperimen sebesar 0,5 lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,27. Selain itu, hal tersebut didukung dengan data hasil uji Independent Sample T-Test dan uji manova yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000< 0,05 untuk literasi visual dan self- efficacy. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar literasi visual dan self-efficacy setelah menggunakan LKPD digital berbasis ExPRession dengan peserta didik yang menggunakan LKPD konvensional. Hal tersebut juga diperkuat dengan uji effect size literasi visual sebesar 1,34 dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan, hasil uji effect size self-efficacy sebesar 1,64 dengan kategori sangat tinggi. Selain itu, dengan menggunakan uji korelasi bivariat ternyata terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dan literasi visual dengan pearson correlation sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Kata kunci: ExPRession, Literasi Visual, LKPD Digital, Self-Efficacy. This study aims to determine the effect of the implementation of digital LKPD based on the ExPRession Learning model to train visual literacy and self-efficacy on magnetic field material. This research was conducted at SMAN 15 Bandar Lampung using quasi experiment method with pretest-posttest control group design. The samples used were class XII.F1 as the experimental class and class XII.F2 as the control class. The instruments used were essay questions and questionnaires. Learning by using the implementation of digital LKPD based on the ExPRession Learning model has an influence in training students' visual literacy and self-efficacy. This can be seen from the average N-Gain of visual literacy in the experimental class of 0.71 which is greater than the control class with an average N-Gain value of 0.60. Meanwhile, the average N-Gain value of self-efficacy in the experimental class of 0.5 is greater than the control class with an average N-Gain value of 0.27. In addition, this is supported by data from the results of the Independent Sample T-Test test and manova test which obtained a sig value. (2- tailed) 0.000 <0.05 for visual literacy and self-efficacy. This shows that there is a difference in the average value of visual literacy learning outcomes and self- efficacy after using ExPRession-based digital LKPD with students who use conventional LKPD. This is also reinforced by the visual literacy effect size test of 1.34 with a very high category. Meanwhile, the results of the self-efficacy effect size test were 1.64 with a very high category. In addition, using the bivariate correlation test, it turns out that there is a positive relationship between self-efficacy and visual literacy with a Pearson correlation of 0.49 in the medium category. Keywords: ExPRession, Visual Literacy, Digital LKPD, Self-Efficacy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:59
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93419

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir