PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PAD A PESERTA DID IK KELA S I V SD NEGERI 11 METRO PUSAT

MUHAMMAD , SYEKI RABIANSYAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PAD A PESERTA DID IK KELA S I V SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Muhammad Syeki Rabiansyah.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH - Muhammad Syeki Rabiansyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1960Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH TANPA PEMBAHASAN - Muhammad Syeki Rabiansyah.pdf

Download (1717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih bersifat tradisional serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis media audio visual terhadap hasil belajar IPAS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan jenis nonequivalent control group. Populasi berjumlah 66 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 33 peserta didik kelas IV A dan IV B, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaan kontekstual berbasis media audio visual terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Metro Pusat sebesar 68%. Kata Kunci : audio visual, hasil belajar, model pembelajaran kontekstual. ABSTRACT This research was based on the low IPAS learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat, which were caused by traditional teaching methods and the limited use of engaging learning media. The aim of this study was to determine the effect of the contextual learning model based on audio-visual media on students' IPAS learning outcomes. Data collection techniques used in this study were tests and non-tests. The research design employed was a quasi-experimental design with the Nonequivalent Control Group type. The population consisted of 66 students and the sample used was 33 students from classes IV A and IV B, selected using purposive sampling. The data were analyzed using simple linear regression. The results of the study showed that the contextual learning model based on audio-visual media had an effect on the IPAS learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat by 68%. Keywords : audio visual, contextual and teaching learning model, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Nov 2025 05:36
Terakhir diubah: 16 Nov 2025 05:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93429

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir