PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025)

ANISSA , AFRILIA PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Anissa Afrilia Putri - Anissa Afrilia Putri.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI Tanpa Lampiran Isi_Anissa Afrilia Putri - Anissa Afrilia Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1630Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN Tanpa Lampiran Isi_Anissa Afrilia Putri - Anissa Afrilia Putri.pdf

Download (1575Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-F sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil Uji-t, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata pembelajaran berbasis masalah dari 3,66% meningkat menjadi 60,61% dan rata-rata pembelajaran konvensional dari 4,48% menjadi 43,56%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran berbasis masalah, pengaruh ABSTRACT This study aims to determine the effect of problem-based learning model on students’ mathematical problem solving ability. The population of this study were all VIII grade students of SMP Negeri 3 Way Pengubuan in the odd semester of the 2024/2025 school year which were distributed in six classes. The samples in this study were all students in class VIII-F as many as 33 students as the experimental class and VIII-D as many as 33 students as the control class selected through purposive random sampling technique. The data in this study are quantitative data obtained through mathematical problem solving ability tests. Based on the result of the t-test, it was found that the increase in mathematical problem solving ability of students who followed conventional learning. With the average problem-based learning from 3,66% increased to 60,61% and the average conventional learning from 4,48% to 43,56%. Thus, it can be concluded that the problem-based learning model affects students’ mathematical problem solving ability. Keywords: effect, mathematical problem solving ability, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:33
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93512

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir