FANI , MARLINA SARI (2025) ANALISIS PENERAPAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) OLEH PENDIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK IND+ENG_Fani Marlina Sari_2113053241 - Fani Marlina Sari.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_FANI MARLINA SARI - Fani Marlina Sari.pdf Restricted to Hanya staf Download (1455Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_FANI MARLINA SARI - Fani Marlina Sari.pdf Download (1245Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang 1) aktivitas pengguna Platform Merdeka Mengajar 2) ketersediaan materi 3) tingkat partisipasi dalam pelatihan mandiri 4) ketersediaan fitur interaktif 5) ketersediaan assesmen pendidik di SD Negeri 1 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian yakni multi-situs. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik di SD Negeri 1 Metro Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Mayoritas pendidik pendidik telah menerapkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, dengan pendidik menguasai fitur-fitur yang ada meskipun frekuensi penggunaannya bervariasi. 2) Ketersediaan materi yang beragam dan kolaboratif. 3) Partisipasi 100% pendidik dalam pelatihan mandiri, menunjukkan komitmen tinggi terhadap kinerja pendidik. 4) Fitur interaktif Platform Merdeka Mengajar, pendidik dapat berbagi praktik baik untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 5) Assesmen pendidik melalui fitur penilaian kinerja dilakukan oleh kepala sekolah berperan penting dalam memaksimalkan penerapan Platform Merdeka Mengajar. Kata kunci: kinerja pendidik, kurikulum merdeka, platform merdeka mengajar ABTRACT This study aimed to analyze and describe: 1) user activities on the Merdeka Mengajar Platform, 2) availability of materials, 3) level of participation in self- training, 4) availability of interactive features, and 5) availability of educator assessments at SD Negeri 1 Metro Utara. This research used a qualitative method with a multi-site research design. The subjects in this study were educators at SD Negeri 1 Metro Utara. Data collection techniques included interviews, observations, and documentation. The results of this study indicated that: 1) The majority of educators had implemented the Merdeka Mengajar Platform (PMM) in planning, implementing, and evaluating learning, with educators having mastered the existing features, even though the frequency of use varied. 2) Materials were available in a diverse and collaborative manner. 3) There was 100% participation of educators in self-training, demonstrating high commitment to educator performance. 4) The interactive features of the Merdeka Mengajar Platform enabled educators to share good practices to improve the quality of learning. 5) Educator assessment through the performance assessment feature conducted by the principal played an important role in maximizing the application of the Merdeka Mengajar Platform. Keywords: educator performance, independent curriculum, teaching freedom platform
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:59 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 03:59 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93540 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
