AGUSTINA , CAHYANINGSIH (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SUSUN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_AGUSTINA CAHYANINGSIH - cahyaningsih agustina.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL AGUSTINA-1 - cahyaningsih agustina.pdf Restricted to Hanya staf Download (1803Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI AGUSTINA TANPA BAB PEMBAHASAN - cahyaningsih agustina.pdf Download (1693Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media susun huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan media susun huruf. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Paired Sample T-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar -32,212 dan nilai signifikansi sebesar < 0,001 (p < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, penggunaan media susun huruf berpengaruh secara signifikan dalam menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Penggunaan media susun huruf terbukti dapat menstimulasi anak dalam membantu anak mengenali huruf, membentuk suku kata, serta membaca kata sederhana dengan lebih baik. Kata Kunci: media susun huruf, membaca permulaan, anak usia dini ABSTRACT The problem in this study is that the initial reading ability of children aged 5-6 years has not developed optimally. This study aims to determine the influence of letter-arrangement media on early reading skills of 5-6-year-old children at TK Xaverius 3 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year. The research method used is a quantitative approach with a quasi-experimental design in the form of a one-group pretest-posttest design. The subjects of this study were 26 children in Group B. Data collection was carried out through early reading skill observation conducted before and after the intervention using letter-arrangement media. The data analysis techniques included normality test, and hypothesis testing using the Paired Sample T-Test. The results showed a significant difference between the pretest and posttest scores. This was proven by the t-count value of -32.212 and a significance value of < 0.001 (p < 0.05), thus the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Therefore, the use of letter-arrangement media significantly influenced the improvement of early reading skills in children aged 5-6 years. The use of letter-arrangement media has been proven to stimulate children in helping children recognize letters, form syllables, and read simple words more easily. Keywords: letter-arrangement media, early reading skills, early childhood
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 08:11 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 08:11 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93591 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
