PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 2 GONDANGREJO

Galuh Ramadhan , - (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 2 GONDANGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK- GALUH RAMADHAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_GALUH RAMADHAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2205Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKIPSI TANPA PEMBAHASAN_GALUH RAMADHAN.pdf

Download (1350Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian adalah rendahnya hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik di kelas IV SDN 2 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 dan sampel yang digunakan yaitu 37 peserta didik, sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisi data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan pancasila, dengan hasil perolehan nilai Fhitung (8,38) > Ftabel (4,54). Hal ini mengidikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, pendidikan pancasila The problem in the study is the low learning outcomes of pancasila education of students in grade IV of SDN 2 Gondangrejo. This study aimsto determine the effect of the discovery learning model assisted by wordwall media. The type of research used is quantitative with an experimentas mehod using a non-equivalent control group design. The population in this study was 37 and sample was 37 students, the sample was determined using the saturated sample technique. The data analysis technique used a simple linear regression test. The results of this study indicate that the application of the discovery learning model assisted by wordwall media has a significant effect on the learning outcomes of pancasila education, with the results of the Fcount (8,38) > Ftable (4,54). This indicates that the use of this learning model is effective in impoving student learning outcomes. Keywords: discovery learning, learning outcomes, pancasila education

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:34
Terakhir diubah: 19 Nov 2025 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir