PENGEMBANGAN E-MODUL HOTS BERBANTUAN FLIP PDF MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR

Diana , Novianti Sofyan (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL HOTS BERBANTUAN FLIP PDF MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -Diana Novianti Sofyan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL -Diana Novianti Sofyan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4082Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Diana Novianti Sofyan.pdf

Download (2459Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) potensi dan kondisi dikembangkannya E-Modul HOTS berbantuan flip PDF, (2) proses pengembangan E-Modul HOTS berbantuan flip PDF, (3) karakteristik E-Modul HOTS berbantuan flip PDF, (4) efektifitas E-Modul HOTS berbantuan flip PDF, dan (5) efesiensi E-Modul HOTS berbantuan flip PDF mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain Borg And Gall. Pengumpulan data dengan dokumentasi, kuesioner, angket dan instrumen tes. Populasi terdiri dari 128 peserta didik dengan sampel sebanyak 32 orang peserta didik. Data dianalisis menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Potensi peserta didik dan kondisi sarana prasarana sangat memadai (2) Produk divalidasi oleh ahli materi nilai 84,7%, ahli media nilai 90,55%, ahli desain nilai 89 % menyatakan bahwa produk sangat baik digunakan. (3) Karakteristik E-Modul HOTS berbantuan flip PDF, terdapat QR Code dan link (tautan), bersifat mandiri, adaptip dan akrab dengan pemakainya. (4) E-Modul ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada materi bumi sebagai ruang kehidupan kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar. Berdasarkan hasil belajar peserta didik kelas eksprimen dan kelas kontrol. Dimana rerata indeks gain kelas eksprimen sebesar 71, 38 dan rerata indeks gain kelas kontrol 53,44. (5) E-modul HOTS efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata nilai efisiensi 1,11. Kata kunci: E-Modul Geografi, Higher Order Thinking Skill, Flip PDF This study aims to analyze; (1) the potential and conditions for developing HOTS E- Module using flip PDF, (2) the process of developing HOTS E-Module using flip PDF, (3) the characteristics of HOTS E-Module using flip PDF, (4) the effectiveness of HOTS E-Module using flip PDF, and (5) the efficiency of HOTS E-Module using flip PDF for geography subject for grade X at SMAN 1 Terbanggi Besar. This research is a development research using the Borg And Gall design. Data collection with documentation, questionnaires, questionnaires and test instruments. The population consists of 128 students with a sample of 32 students. Data were analyzed using Microsoft Excel. The results of the study showed that: (1) The potential of students and the condition of facilities and infrastructure are very adequate (2) The product was validated by material experts with a value of 84.7%, media experts with a value of 90.55%, design experts with a value of 89% stated that the product was very good to use. (3) The characteristics of the HOTS E-Module assisted by flip PDF, there is a QR Code and link, is independent, adaptive and familiar to its users. (4) This E-Module is effective in improving students' geography learning outcomes on the material of the earth as a living space of class X SMAN 1 Terbanggi Besar. Based on the learning outcomes of students in the experimental class and control class. Where the average gain index of the experimental class is 71.38 and the average gain index of the control class is 53.44. (5) HOTS e-modules are efficient for use in learning, with an average efficiency value of 1.11 Keywords: Geography E-Module, Higher Order Thinking Skill, Flip PDF.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:07
Terakhir diubah: 20 Nov 2025 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93706

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir