PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI UPTD SDN 40 NEGERI KATON

Riyadh , Firdaus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI UPTD SDN 40 NEGERI KATON. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Riyadh Firdaus .pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Riyadh Firdaus .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2951Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Riyadh Firdaus .pdf

Download (1860Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) kondisi dan potensi dikembangkannya pembelajaran web berbasis Google Sites pada mata pelajaran IPA, (2) proses pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi pubertas, (3) karakteristik produk, dan (4) efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas VI UPTD SDN 40 Negeri Katon. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D), dengan langkah-langkah yang disesuaikan dengan model Borg dan Gall (1996), meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian lapangan awal, revisi produk utama, pengujian lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di UPTD SDN 40 Negeri Katon, dengan sampel yang dipilih sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan uji coba produk. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis N- Gain untuk mengukur efektivitas media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi dan potensi di kelas VI UPTD SDN 40 Negeri Katon menunjukkan adanya kebutuhan yang tinggi terhadap penggunaan media berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran IPA, (2) Proses pengembangan pembelajaran web berbasis Google Sites melibatkan ahli materi, media, dan desain dengan tingkat kelayakan di atas 80%, (3) Karakteristik produk media pembelajaran yang dikembangkan meliputi materi interaktif, kuis, latihan, serta fitur evaluasi untuk pembelajaran mandiri, dan (4) Efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites terbukti dalam meningkatkan minat belajar siswa, yaitu dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori cukup efektif Kata Kunci: Google Sites, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Website Kata Kunci: Google Sites, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Website This study aims to analyze (1) the conditions and potential for developing Google Sites-based web learning in science subjects, (2) the process of developing Google Sites-based learning media on puberty material, (3) product characteristics, and (4) the effectiveness of Google Sites-based learning media in increasing student interest in class VI UPTD SDN 40 Negeri Katon. The research was conducted using the Research and Development (R&D) method, with steps adapted to the Borg and Gall (1996) model, including information gathering, planning, initial product development, initial field testing, main product revision, operational field testing, and final product revision. The population of this study was grade VI students at UPTD SDN 40 Negeri Katon, with a sample of 30 students selected. Data were collected through questionnaires, interviews, and product trials. The data were analyzed quantitatively using the N-Gain analysis technique to measure the effectiveness of learning media. The results showed that: (1) The conditions and potential in class VI UPTD SDN 40 Negeri Katon show a high need for the use of technology-based media to support science learning, (2) The Google Sites-based web learning development process involves material, media, and design experts with a feasibility level above 80%, (3) The characteristics of the learning media products developed include interactive material, quizzes, exercises, and evaluation features for independent learning, and (4) The effectiveness of Google Sites-based learning media is proven in increasing student interest in learning, namely with an average N-Gain value of 0.63 which is included in the moderately effective category. Keywords: Google Sites, Natural Sciences, Interest in Learning, Website-Based Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Nov 2025 07:16
Terakhir diubah: 21 Nov 2025 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93744

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir