PENGARUH MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AL MUHSIN METRO

PUTRI , JIHANISAH (2025) PENGARUH MODEL CIRC BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AL MUHSIN METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1366Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1220Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca peserta didik kelas IV SD IT Al Muhsin Metro terutama dalam menentukan informasi, menemukan fakta, serta membuat kalimat dari teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta perbedaan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media flashcard dan poster terhadap kemampuan membaca Bahasa Inggris peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode adalah kuasi eksperimen, dan desain nonequivalent control group design. Sampel dipilih secara purposive, yaitu kelas IV 20 peserta didik perempuan sebagai kelas kontrol dan kelas IV 20 peserta didik laki-laki sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 52,4 dan kelas kontrol sebesar 51,8, menunjukkan kemampuan awal yang relatif sama. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 67,1, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 58,5. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,012 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penerapan media flashcard dan poster terhadap kemampuan membaca Bahasa Inggris peserta didik kelas IV SD IT Al Muhsin Metro. Kata kunci: Bahasa inggris, flashcard, kemampuan membaca, model pembelajaran CIRC

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507619249 Digilib
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:30
Terakhir diubah: 05 Dec 2025 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93946

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir