MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA MELALUI PjBL-STEM PENGOLAHAN LIMBAH KULIT NANAS UNTUK MENGHASILKAN NATA de PINA

SITI, NURANI (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA MELALUI PjBL-STEM PENGOLAHAN LIMBAH KULIT NANAS UNTUK MENGHASILKAN NATA de PINA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-SITI NURANI.pdf

Download (414Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL-SITI NIURANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2709Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN-SITI NURANI.pdf

Download (2248Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model project-based learning-STEM pemanfataan limbah kulit nanas dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Metode dalam penelitian ini adalah weak experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2024/2025, Satu kelas dari populasi tersebut dijadikan sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan sampel penelitin yaitu kelas XI.1. Teknik analisis data yang digunakan yaitu n-gain dan uji satistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 76,7% siswa yang memiliki n-gain dengan kategori sedang dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes dengan pretes. Produk yang dihasilkan pada PjBL-STEM yaitu nata de pina dengan nilai berkategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa PjBL-STEM pemanfaatan limbah kulit nanas efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2507525291 Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:35
Terakhir diubah: 12 Dec 2025 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94164

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir