Putri, Novia Anastasya (2025) PENGARUH TEKNIK GERAK UKEL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DOWN SYNDROM DI KOMUNITAS PIK POTADS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Putri Novia Anastasya .pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Putri Novia Anastasya .pdf Restricted to Hanya staf Download (3648Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Putri Novia Anastasya .pdf Download (2517Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang memberikan sebuah treatment pembelajaran teknik gerak ukel untuk melihat peningkatan kemampuan keterampilan bantu diri, keterampilan bantu sosial dan keterampilan bantu sekolah. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan melakukan penilaian pretest dan posttest terhadap 3 keterampilan tersebut. Hasil penelitian menunjukan hasil rata- rata keterampilan pretest bantu diri dengan nilai 46 dan dengan nilai meningkat menjadi 50,6, pada keterampilan bantu sosial rata – rata pretest dengan nilai 29 dan posttest meningkat menjadi 35, dan pada keterampilan bantu sekolah hasil rata-rata pretest dengan nilai 48 dan posttest meningkat menjadi 51,66. Berdasarkan hasil uji t hitung pada hasil nilai rata-rata pretest dan posttest pada keterampilan motorik halus memperoleh nilai t hitung sebesar -12,860 dengan sig 0,000 artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Sehingga nilai t hitung dipengaruhi (Ho), artinya hipotesis nol ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) yang diterima dengan hasil bahwa pembelajaran teknik gerak ukel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan keterampilan motorik halus anak down syndrom usia dini. Kata kunci: Down syndrom, Teknik gerak ukel, Motorik halus. This research is an experimental research that provides a learning treatment for ukel movement techniques to see the increase in self-help skills, social help skills and school help skills. This research was conducted for approximately 3 months by conducting pretest and posttest assessments of these 3 skills. The research results showed that the average pretest result for self-help skills was 46 and the score increased to 50.6, for social help skills the average pretest score was 29 and posttest increased to 35, and for school help skills the average pretest result was 48 and posttest increased to 51.66. Based on the results of the calculated t test, the results of the average pretest and posttest scores for fine motor skills obtained a calculated t value of -12.860 with a sign of 0.000, meaning the significance value is smaller than 0.05. So the calculated t value is influenced (Ho), meaning that the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted with the result that learning the knuckle movement technique has a significant influence on improving the fine motor skills of young Down syndrome children. Key words: Down syndrome, Ukel movement technique, and fine motor skills.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:04 |
| Terakhir diubah: | 12 Dec 2025 03:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94182 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
