PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI RUANG MENGHIMPUN DATA (RMD) SMK NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

ELA, NOVRIYANTI (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI RUANG MENGHIMPUN DATA (RMD) SMK NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Ela.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tesis Tanpa Lampiran Ela.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1889Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Tesis Tanpa Pembahasan Ela.pdf

Download (1509Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mutu pendidikan di SMK tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademik guru dan siswa, tetapi juga oleh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan pengelolaan data yang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap mutu pendidikan dengan ruang menghimpun data (RMD) sebagai variabel mediasi di SMK Negeri Kota Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain explanatory research, melibatkan 263 guru sebagai responden yang dipilih melalui proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan sebesar 0,714, Budaya Organisasi memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan sebesar 0,721 sedangkan RMD memiliki pengaruh sebesar 0,468 dan berperan signifikan sebagai variabel mediasi. Temuan ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya organisasi yang kuat, dan optimalisasi RMD sebagai strategi peningkatan mutu sekolah di SMK Negeri Kota Bandar Lampung. The quality of education in vocational schools is not only determined by the academic abilities of teachers and students, but also by the leadership of the principal, organizational culture, and effective data management. This study aims to analyze the influence of transformational leadership and organizational culture on the quality of education with Ruang Menghimpun Data (RMD) as a mediating variable in public vocational schools in Bandar Lampung City. The research method used a quantitative approach with an explanatory research design, involving 263 teachers as respondents selected through proportionate stratified random sampling. Data were collected using questionnaires and analyzed using path analysis. The results show that transformational leadership has influence on education quality at 0.714, That Organizational culture has influence on education quality at 0.721 and RMD has influence on education quality at 0.468, and plays a significant role as a mediating variable. These findings emphasize the importance of transformational leadership headmaster, a strong organizational culture, and RMD optimization as strategies for improving school quality at SMK Negeri Kota Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507794542 Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:50
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94336

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir